Selasa, 25 Oktober 2011

Indonesia dan Sistem perekonomian

Assalamualaikum wr.wb.
walaupun saya membuat blog ini pada dasarnya untuk tugas,tapi insyaAllah isinya bisa membantu teman - teman untuk mengerti sesuatu, dan saya akan mencantumkan sumber dengan jelas. :)

saya akan membahas tentang pengertian dan jenis - jenis badan usaha
Kita semua tahu bahwa Indonesia ini adalah negeri yang heterogen dimana dari sabang sampai merauke wilayahnya ditempati masyarakat yang sosial budayanya berbeda juga.baik itu dalam kehidupan sosial dan kehidupan berekonominya. 
Dalam kehidupan sosial contohnya berankeragamnya kontur wilayah di Indonesia beraneka ragam pula cara mereka bersosialisasi,baik itu nilai dan norma yang berlaku di daerah tersebut tetapi perbedaan nilai dan norma di setiap daerah di Indonesia tidak lepas dari adat ketimuran yang sangat melekat di Indonesia,toleransi dan selalu menjaga sopan santun yang selalu dijunjung di setiap masyarakatnya.Begitu pula dalam kehidupan perekonomiannya,Indonesia dengan letak geografisnya yang strategis dengan diapit 2 samudera yaitu samudra    Hindia dan samudera Pasifik , diapit pula dengan 2 benua Asia dan Australia ,dan ditambah lagi terbentangnya garis khatulistiwa diatas tanah Indonesia membuat Indonesia menjadi negara kepulauan terbesar dengan iklim tropis yang dari sabang sampai merauke bisa ditanami oleh tumbuhan.Maka dari itu Indonesia dikenal sebagai negara Agraris yaitu negara pertanian dan negara maritim karena lautnya,karena lautnya juga hampir sebagian besar masyarakat Indonesia yang tinggal di pesisir bermata pencaharian sebagai nelayan.

Indonesia negeri yang penuh perjuangan,dari sejak merdeka sampai dengan sekarang,begitu juga dengan perubahan sistim ekonomi di Indonesia,yang pernah beberapa kali berubah untuk menyesuaikan dengan tujuan negara.

Sistem Ekonomi di Indonesia adalah :
  1. Pada tahun 1950 s.d. 1959 Indonesia menganut sistem              : sistem ekonomi liberal,
  2. Pada tahun 1959 s.d. 1966 Indonesia menganut sistem              : sistem ekonomi etatisme,
  3. Pada tahun 1966 s.d. 1998 Indonesia menganut sistem              : sistem ekonomi pancasila,
  4. Pada tahun 1998 s.d. sekarang Indonesia menganut sistem    : sistem ekonomi pancasila yang dalam aplikasinya cenderung ke arah liberal.


Sistem Perekonomian adalah cara suatu bangsa/negara untuk mengatur kehidupan ekonominya agar tercapai kemakmuran dan kesejahteraan bagi rakyatnya.
Sistem Ekonomi Indonesia
Sistem demokrasi Ekonomi:sistem ekonomi yang berasal dari rakyat,oleh rakyat,dan untuk rakyat.
Landasan Ekonomi Indonesia
UUD 1945 hasil amandemen yang disahkanMPR pada 10-08-2002,yaitu: pasal 33 ayat 1,2,3,4.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar