Keempat unsur atau variabel bauran pemasaran (Marketing mix) tersebut atau yang disebut four p's adalah sebagai berikut :
- Strategi Produk
- Strategi Harga
- Strategi Distribusi
Biasanya setiap pendistribusian suatu barang akan menemui kendala dalam strategi Distribusi ini kendala ini adalah masalah yang berpengaruh kepada marketing,karena kesalahan dalam memilih dapat menghambat bahkan memacetkan usaha penyaluran produk/jasa dari produsen ke konsumen.
Distributor-distributor atau penyalur ini bekerja aktif untuk mengusahakan perpindahan bukan hanya secara fisik tapi dalam arti agar jasa-jasa tersebut dapat diterima oleh konsumen. Dalam memilih saluran distribusi ini ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu sebagai berikut:
- Sifat pasar dan lokasi pembeli
- Lembaga-lembaga pemasaran terutama pedagang-pedagang perantara
- Pengendalian persediaan, yaitu menetapkan tingkat persediaan yang ekonomis.
- Jaringan pengangkutan.
- Strategi Promosi
bauran pemasaran terbagi dalam beberapa hal :
- Perikalanan ( Advertising ) : Ini adalah bagaimana perusahaan mengenalkan barang/produk/jasa yang ditawarkan kepada konsumen,macam -macam cara dalam proses periklanan seperti : iklan radio,iklan televisi,iklan di internet,iklan di surat kabar ,dll.
- Penjualan Pribadi ( Personal Selling ) :Ini adalah bagaimana perusahaan melakukan kegiatan kontak langsung dengan konsumen diharapkan akan terjadi pendekatan yang positif dan pendekatan psikologis yang baik antara sales dan konsumen,biasanya metode ini seperti door to door selling,mail order,direct selling.
- Promosi Penjualan ( Sales Promotion ) : Ini adalah bagaimana perusahaan mengenalkan produk/jasanya di suatu tempat dengan begitu konsumen apet melihat langsung kegunaan dari produk/jasa yang ditawarkan oleh perusahaan
- Publisitas ( Publicity ) : Ini adalah bagaimana perusahaan untuk membentuk pengaruh secara tidak langsung kepada konsumen,agar mereka menjadi tertarik dan ingin tahu,dan menyenangi produk dari perusahaan tersebut,Disini ditekankan bahwa Publisitas ini berbeda dengan Promosi karena tidak ada unsur komersial,utntuk mengambil hati konsumen kita memerlukan pengorbanan contohnya dengan memberikan sample - sample barang/produk/jasa yang kita bwa kepada konsumen secara gratis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar