Rabu, 16 November 2011

BAURAN PEMASARAN ( MARKETING MIX )

Bauran Pemasaran adalah strategi yang dijalankan oleh perusahaan atau badan usaha yang berkaitan dengan penentuan,bagaimana perusahaan melakukan penawaran pada satu segmen pasar tertentu yang merupakan sasaran pasarnya.Ada pengertian marketing mix menurut dua ahli yaitu Kotler dan W.J.Santon.Menurut Kotler ( 1997 : 92) bauran pasar adalah sejumlah alat-alay pemasaran yang digunakan perusahaan untuk menyakinkan obyek pemasaran atau target pasar yang dituju.Menurut William J. Santon Marketing Mix atau bauran Pasar adalah istilah yang dipakai untuk menjelaskan kombinasi empat besar pembentuk inti sistem pemasaran sebuah organisasi. Keempat unsurtersebut adalah penawaran produk/jasa, struktur harga,  kegiatan promosi, dan sistem distribusi.

Keempat unsur atau variabel bauran pemasaran (Marketing mix) tersebut atau yang disebut four p's adalah sebagai berikut :

  • Strategi Produk
Maksud dari Strategi Produk adalah sesuatu yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen yang berwujud fisik diartikan bahwa strategi produk ini merupakan sesuatu yang bisa dilihat , di rasakan , dibeli , atau di konsumsi.Produk ini dapat berupa macam-macam produk ,kualitas,desain,fitur,nama,merek,kemasan,ukuran ,pelayanan,dan jaminan.
  • Strategi Harga
Harga adalah sesuatu hal yang sangat sensitif dalam kegiatan jual beli,dimana penentuan harga adalah hal yang penting guna keberlangsungan kehidupan perusahaan dan penentuan harga pula yang menentukan ketertarikan akan pelanggan guna mendapatkan keuntungan yang paling baik,baik untuk jangka pendek atau untuk jangka panjang.
  • Strategi Distribusi
Setelah perusahaan menemukan dan menerapkan fomula untuk mendapatkan atau menciptakan barang/produk yang dapat menghasilkan,metode yang selanjutnya adalah metode untuk menyalurkan barang/produk yang kita punya kepada pasar.
Biasanya setiap pendistribusian suatu barang akan menemui kendala dalam strategi Distribusi ini kendala ini adalah masalah yang berpengaruh kepada marketing,karena kesalahan dalam memilih dapat menghambat bahkan memacetkan usaha penyaluran produk/jasa dari produsen ke konsumen.
Distributor-distributor atau penyalur ini bekerja aktif untuk mengusahakan perpindahan bukan hanya secara fisik tapi dalam arti agar jasa-jasa tersebut dapat diterima oleh konsumen. Dalam memilih saluran distribusi ini ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu sebagai berikut:

  • Sifat pasar dan lokasi pembeli 
  • Lembaga-lembaga pemasaran terutama pedagang-pedagang perantara 
  • Pengendalian persediaan, yaitu menetapkan  tingkat persediaan yang ekonomis. 
  • Jaringan pengangkutan.
Jadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dalam  kebijaksanaan saluran distribusi itu sendiri dengan memperhitungkan adanya perubahan pada masyarakat serta pola distribusi perlu mengikuti dinamika para konsumen tadi.

  • Strategi Promosi
Aspek ini berhubungan dengan berbagai usaha  untuk memberikan informasi pada pasar tentang produk/jasa yang dijual, tempat dan saatnya. Ada beberapa cara menyebarkan informasi ini, antara lain periklanan (advertising), penjualan pribadi (Personal Selling), Promosi penjualan  (Sales Promotion) dan  Publisitas (Publicity),Cara menyebarkan informasi ini disebut dengan bauran komunikasi pemasaran( Koter 1997 :604 )
bauran pemasaran terbagi dalam beberapa hal :

  • Perikalanan ( Advertising ) : Ini adalah bagaimana perusahaan mengenalkan barang/produk/jasa yang ditawarkan kepada konsumen,macam -macam cara dalam proses periklanan seperti : iklan radio,iklan televisi,iklan di internet,iklan di surat kabar ,dll.
  • Penjualan Pribadi ( Personal Selling ) :Ini adalah bagaimana perusahaan melakukan kegiatan kontak langsung dengan konsumen diharapkan akan terjadi pendekatan yang positif dan pendekatan psikologis yang baik antara sales dan konsumen,biasanya metode ini seperti door to door selling,mail order,direct selling.
  • Promosi Penjualan ( Sales Promotion ) : Ini adalah bagaimana perusahaan mengenalkan produk/jasanya di suatu tempat dengan begitu konsumen apet melihat langsung kegunaan dari produk/jasa yang ditawarkan oleh perusahaan
  • Publisitas ( Publicity ) : Ini adalah bagaimana perusahaan untuk membentuk pengaruh secara tidak langsung kepada konsumen,agar mereka menjadi tertarik dan ingin tahu,dan menyenangi produk dari perusahaan tersebut,Disini ditekankan bahwa Publisitas ini berbeda dengan Promosi karena tidak ada unsur komersial,utntuk mengambil hati konsumen kita memerlukan pengorbanan contohnya dengan memberikan sample - sample barang/produk/jasa yang kita bwa kepada konsumen secara gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar