Rabu, 16 November 2011

PEMASARAN

APA ITU PEMASARAN ?
pertama kita akan membahas tentang pemasaran,apa yang terbayang oleh kita jika mendengar kata pemasaran,pengertian kita pemasaran adalah suatu cara produsen atau badan usaha untuk memasarkan produknya agar terbeli oleh konsumen sebetulnya pemahaman setiap orang sudah benar tapi alangkah baiknya jika kita mengetahui arti dari pemasaran menurut berbagai sumber :

Menurut American  Marketing Association 1960 : Pemasaran adalah pelaksanaan  dunia usaha yang mengaarahkan arus barang-barang dan jasa-jasa dari produsen  ke konsumen atau pihak pemakai. Defenisi ini hanya menekankan aspek distribusi ketimbang kegiatan pemasaran. Sedangkan fungsi-fungsi lain tidak diperlihatkan, sehingga kita tidak memperoleh gambaran yang jelas dan lengkap tentang pemasaran.

Menurut Philip Kotler dalam bukunya Marketing Management Analysis, Planning, and Control mengartikan pemasaran melalui sudut pandang yang luas yaitu pemasaran adalah Suatu proses sosial, dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan, dan mereka inginkan  dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan  kelompok lainnya.

Sebenarnya secara garis besar pengartian pemasaran dari semua orang sudah bisa dibilang benar,tapi pemahaman yang benar akan menghasilkan pemahan yang bisa kita jadikan acuan untuk mengembangkan ilmu pemasaran.Setelah kita mengetahui pengertian alangkah baiknya lagi kita mengenakl konsep - konsep inti  dalam pemasaran.

KONSEP INTI PEMASARAN
  1. Target Market and Segmentation
Segmentasi Pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat  heterogen dari suatu produk kedalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang  bersifat homogen. Berdasarkan definisi diatas diketahui bahwa  pasar suatu produk tidaklah homogen,  akan  tetapi pada kenyataannya adalah heterogen.  Pada dasarnya segmentasi pasar adalah  suatu strategi yang didasarkan pada falsafah manajemen pemasaran yang orientasinya adalah konsumen. Dengan melaksanakan segmentasi pasar, kegiatan pemasaran dapat dilakukan lebih terarah dan sumber daya yang dimiliki perusahaan dapat digunakan secara lebihefektif dan efisien dalam rangka memberikan kepuasan bagi konsumen.
Ada empat ktiteria yang harus dipenuhi segmen pasar agar proses segmentasi pasar dapat dijalankan dengan efektif :
  • Terukur ( Measurable ) diartikan bahwa segmen pasar tesebut dapat diukur, baik besarnya, maupun luasnya serta daya beli segmen pasar tersebut.
  • Terjangkau ( Accesible ) diartikan bahwa  artinya segmen pasar tersebut dapat dicapai sehingga dapat dilayani secara efektif.
  • Cukup Luas ( Substantial ) Diartikan bahwa dapat menguntungkan bila dilayani.
  • Dapat Dilaksanakan ( actionable ) diartikan bahwa semua program yang telah disusuan dan direncanakan dapat berjalan efektif.
  Kebijakan segmentasi pasar haruslah dilakukan dengan menggunakanktiteria tertentu. Tentunya segmentasiini berbeda antara barang industri denganbarang konsumsi. Namun dengan demikian secara umum setiap perubahan akan mensegmentasikan pasarnya atas dasar: 

  • Segmentasi atas dasar Geografis, Segmentasi pasar ini dilakukan dengan cara membagi pasar kedalam unit-unit geografis seperti negara, propinsi, kabupaten. kota, desa, dan lain sebagainya. Dalam hal ini perusahaan akan beroperasi disemua segmen,  akan tetapi, harus memperhatikan perbedaan kebutuhan dan selera yang ada dimasing-masing daerah. 
  • Segmentasi atas dasar Demografis, Segmentasi pasar ini dapat dilakukan dengan cara memisahkan pasar  kedalam kelompok-kelompok yang didasarkan pada variabel-variabel demografis, seperti umur, jenis kelamin,besarnya keluarga, pendapatan, agama, pendidikan, pekerjaan, dan lainlain.
  • Segmentasi atas dasar psychografis,  Segmentasi pasar ini dilakukan dengan cara membagi-bagi konsumen kedalam kelompok-kelompok yang berlainan menurut  kelas sosial, gaya  hidup, berbagai ciri kepribadian,motif pembelian, dan lain-lain.
segementasi dasar disunting dari http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/1233/1/manajemen

Pengertian dari target market adalah kegiatan yang berisi dan menilai serta memilih satu atau lebih  segmen pasar yang akan dimasuki oleh suatu perusahaan. Apabila perusahaan ingin menentukan segmen pasar mana yang akan dimasukinya,maka langkah yang pertama adalah menghitung dan menilai potensi profit dari
berbagai segmen yang ada tadi yang sudah kita sebutkan diatas.Di Target Market ini perusahaan harus benar - benar peka dengan keadaan pasar sehingga dapat ememperkirakan kondisi pasar di waktu yang akan datang sehingga dapat merencanakan dan memutuskan sesuatu.Dalam kenyataannya perusahaan dapat mengikuti salah satu diantara lima strategi peliputan pasar, yaitu :
  • Konsentrasi pasar tunggal, ialah sebuah perusahaan dapat memusatkankegiatannya dalam satu bagian daripada pasar. Biasanya perusahaan yang lebih kecil melakukan pilihan ini
  • Spesialisasi produk, sebuah perusahaan memutuskan  untuk memproduksisatu jenis produk. Misalnya sebuah perusahaan  memutuskan untuk memproduksi hanya mesin tik listrik bagi sekelompok pelanggan.
  • Spesialisasi pasar, misalnya sebuah perusahaan memutuskan untuk membuat segala macam mesin tik, tetapi diarahkan  untuk  kelompok pelanggan yang kecil.
  • Spesialisasi selektif, sebuah perusahaan bergerak dalam berbagai kegiatan usaha yang tidak ada  hubungan dengan  yang lainnya, kecuali bahwa setiap kegiatan usaha itu mengandung peluang yang menarik. 
  • Peliputan keseluruhan, yang lazim dilaksanakan oleh industri yang lebih besaruntuk mengungguli pasar. Mereka menyediakan  sebuah produk untuk  setiap orang, sesuai dengan daya beli masing-masing. 

      2. Market place , Market space , Meta Market
  • Market Place ini lebih bersifat fisik,dimana dalam kehidupan sehari - hari orang berbelanja di toko.
  • Market Space  ini bersifat digital dimana dalam kehidupan sehari - hari diterapkan dalam belanja on line lewat internet
  • Meta Market ini bersifat komplementer dari barang dan jasa berbagai industri contohnya meta market automotif
      3. Marketers and prospects
       Marketers biasanya orang atau organisasi yang berusaha mendapatkan suatu respon dari prospector ( produsen kepada konsumen )

      4. Need,Want, And Demand
      seorang marketing harus tahu tentang kehidupan pasar,kehidupan pasar disini diartikan dengan seorang marketing harus mengetahui keinginan dan permintaan pasar sasaran,karena ini berkaitan tentang kebutuhan manusia yang sangat kompleks,biasanya jika kebutuhan terpenuhi manusia akan memiliki keinginan untuk memuaskan permintaannya disini seorang marketing dituntut kreatif untuk memenuhi semua kebutuhan manusia.

      5Value and satisfaction
      kesesuaian antara kinerja produk dengan tuntutan kebutuhan manusia yang nantinya akan menghasilkan sebuah kepuasan dengan melibatkan komponen kinerja produk yang dibelinya dan tuntutannya dan harapannya akan produk yang telah dibeli.Agar dapat mendapatkan kepuasan konsumen yang tinggi perusahaan harus bisa memberikan manfaat yang lebih besar dar suatu produk yang ditawarkannya dibanding dengan biaya yang harus dikeluarkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar